Mengenal Artikel SEO-friendly dan Manfaatnya

dina syifa

24/02/2022

10:21 am

Mengenal Artikel SEO-friendly dan Manfaatnya untuk Website-mu

Banyak orang yang mengira bahwa artikel SEO-friendly hanya berguna untuk traffic. Padahal, kenyataannya tak begitu, lho.

Dalam artikel ini, campud digital akan menjelaskan manfaat artikel SEO yang lainnya. Ada juga tips menulisnya sampai faktor yang memengaruhi SEO blog.

Akan tetapi, sebelumnya, kita bahas dulu arti dari tulisan yang SEO–friendly. Yuk, simak!

Apa Itu Artikel SEO-Friendly?

Seperti yang sudah campus digital singgung, mengutip WordStream, artikel SEO-friendly adalah artikel yang dibuat dengan tujuan meningkatkan traffic dari search engine. Biasanya, search engine yang dimaksud adalah Google.

Kalau artikelmu SEO-friendly, Google lebih mungkin menaruhnya di bagian atas hasil pencarian. Calon pembaca pun lebih mungkin mengekliknya. Otomatis, traffic-mu dari search engine bisa lebih maksimal.

Mengapa Artikel SEO-Friendly Penting?

1. Meningkatkan revenue

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh BrightEdge, besar revenue perusahaan yang berasal dari search engine dua kali lipat lebih banyak dibanding dengan channel lainnya. Perusahaan yang dimaksud adalah B2B dan perusahaan teknologi.

Itulah mengapa, kamu harus mulai membuat konten yang SEO-friendly. Dengan begitu, revenue-mu bisa maksimal.

2. Meningkatkan brand awareness

Misalnya, tiap kali googling topik memasak, kamu selalu menemukan artikel dari situs X. Mulai dari tips memilih sayur, cara memotong bawang bombai, hingga resep ramen, semua ada di sana.

Tak hanya itu, artikel-artikel situs X selalu menempati posisi teratas hasil pencarian. Kamu jadi familier dengan mereka.

tiap kali ingin mencari informasi masakan, kamu langsung pergi ke situs X. Tak perlu lakukan googling untuk baca konten yang kamu butuhkan.

Itulah manfaat dari artikel SEO-friendly selanjutnya. Makin banyak kontenmu tampil di bagian atas hasil pencarian, makin besar kemungkinan kamu dikenal luas.

Baca Juga Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Beli Followers

Tips Menulis Artikel SEO-Friendly

1. Riset keyword dan topik dulu

Pertama-tama, kamu harus meriset keyword. Untuk menjelaskan pentingnya langkah ini, Glints akan memberikan contoh.

Katakanlah kamu bekerja di perusahaan penjual peralatan olahraga. Kamu diminta membuat tulisan yang SEO-friendly..

Lalu, apa topik yang harus kamu prioritaskan? Tentu lebih baik kalau kamu menulis artikel yang banyak dicari terlebih dahulu. Dengan begitu, traffic-mu bisa maksimal.

Dari manakah kamu tahu topik mana yang paling banyak dicari? Riset keyword adalah jawabannya.

Manfaatkan saja berbagai tool yang tersedia di internet

2. Sesuaikan angle artikel dengan search intent

Sudah punya kumpulan keyword yang tepat? Coba tulis artikel artikel SEO-friendly, yuk!

Eits, jangan asal tulis, ya. Pastikan angle artikelmu sesuai dengan search intent dari keyword yang sudah kamu pilih.

a. Transaksional

Pertama-tama, ada search intent transaksional. Ciri khasnya adalah topik yang spesifik, serta membantu pembaca melakukan sesuatu.

Contoh keyword dengan search intent transaksional adalah “tips yoga outdoor”.

b. Informatif

Selanjutnya, ada informatif. Berbeda dengan transaksional, ciri khas dari search intent ini adalah topik yang umum. Pembacanya biasanya ingin mempelajari topik tertentu.

Contoh keyword yang informasional adalah “apa itu yoga”. Orang yang meng-googling keyword ini tentu sangat asing dengan olahraga yoga.

Oleh karena itu, tulis artikelmu selengkap mungkin

Faktor yang Memengaruhi SEO Blog

1. Dwell time

Dwell time adalah durasi pembaca membaca kontenmu. Waktu ini dihitung dari mereka mengeklik kontenmu di hasil pencarian sampai mereka keluar dari halaman kontenmu.

Kalau dwell time tinggi, konten akan dianggap relevan dan pas oleh Google. Sebab, pembaca menyimaknya dalam waktu yang cukup lama.

2. Kecepatan loading

Meski informasinya bermanfaat, kamu tentu kurang nyaman membuka website yang loading-nya lambat. Ini juga memengaruhi SEO blog, lho.

Semakin cepat website, semakin baik pula penilaian Google. Sebaliknya, ketika website kurang cepat, Google akan menurunkan nilainya.

Demikian penjelasan Glints seputar artikel SEO-friendly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *